Tips Membeli Jaket Kulit Asli dengan Melihat Ciri-cirinya

Tips Membeli Jaket Kulit Asli – Hai, selamat datang pengunjung website kampoengkulit.com. Kampoeng kulit adalah pusatnya kerajinan kulit hand made asli Garut. Menyediakan semua jenis kerajinan dari kulit asli. Mulai dari jaket, tas, sabuk, dompet, dan lain-lain.

Berbicara tentang kerajinan kulit, kami ingin berbagi tips penting khusus untuk anda yang ingin membeli jaket kulit asli. Kenapa kami katakan ini tips penting? Pertama anda pasti tidak ingin ketika membeli jaket kulit asli tapi ternyata yang dibeli bukan kulit asli.

Kedua, jika hal di atas terjadi, dalam tanda kutip anda kena tipu, berarti kemungkinan besar anda mengalami kerugian. Karena pada umumnya harga jaket kulit asli itu tinggi. Oleh karena itu, kami katakan penting untuk mencari informasi tentang tips membeli jaket kulit asli.

Tips Membeli Jaket Kulit Asli

Tips Membeli jaket kulit asli

 

 

Bukan hal yang gampang membedakan jaket kulit asli dengan yang bukan asli (kulit sintetis). Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan yang jelas jika kita sudah mengetahuinya. Salah satunya dengan mengenal bahan sintetis terlebih dahulu. Baru anda bisa akan terbantu mengenali jaket kulit asli.

Apa saja ciri khas dari jaket kulit asli? Nah, kita perlu mengetahui ciri-ciri dari jaket kulit asli, supaya ketika kita ingin membeli jaket kulit asli kita tidak salah membelinya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri jaket kulit asli yang bisa kami bagikan.

Kenali Ciri-ciri Jaket Kulit Asli

Ciri-ciri jaket kulit di bawah ini bisa anda baca dan pahami sebelum berangkat ke toko jaket kulit. Bukan berniat berprasangka buruk, tetapi sebagai pembeli yang cerdas, kita harus berhati-hati.

Kita semua tentu tidak tahu penjual yang jujur dan baik. Karena kejujuran dan kebaikan letaknya di hati seseorang. Baiklah langsung saja ini dia ciri-ciri jaket kulit asli yang perlu anda kenali.

1. Aroma

Kulit domba atau sapi atau kambing yang akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jaket semuanya harus melalui proses penyamakan. Apa itu penyamakan?

Penyamakan adalah proses perbaikan karakteristik kulit mentah menjadi kulit olahan yang lebih kuat dan tahan lama. Tanpa melalui penyamakan, mungkin ketika kulit sudah menjadi sebuah kerajinan, maka akan muncul bau dan cepat busuk.

Nah melalui penyamakan ini, kulit menjadi kulit olahan yang berkualitas. Ada macam-macam bahan kimia yang digunakan untuk proses penyamakan. Ada yang menggunakan sama krom, maka aroma jaket kulit yang sudah jadi akan beraroma krom.

Ada juga samak nabati, maka ketika jaket kulit sudah jadi jaket akan beraroma nabati. Untuk kulit sintetis atau kulit yang bukan asli sendiri memiliki aroma khas yaitu aroma obat kimia polimer, yaitu yang seperti bau karet.

2. Ketebalan

Umumnya, jaket kulit asli memiliki ketebalan berkisar 0,6 mm – 0,7 mm. Dan untuk jaket kulit motor umumnya lebih tebal yaitu 1 mm.

Ketebalan ini bisa diukur karena ketika proses penyemakan ketebalan kulit disama ratakan. Supaya mendapatkan kualitas yang bagus khususnya kehalusan permukaan kulit.

3. Pola Tekstur

Ciri yang bisa jadi tanda pengenal jaket kulit asli selanjutnya adalah pola tekstur permukaan. Jaket kulit asli memiliki pola tekstur yang tidak teratur. Dan bisa diperjelas lagi dengan meneliti pori-pori, umumnya pori-pori kulit masih bisa dilihat.

Jika dibedakan dengan yang kulit sintetis, maka akan nampak perbedaan yang cukup jelas. Karena pola tekstur kulit sintetis sama atau homogen secara keseluruhan permukaan.

Cara merawat jaket kulit asli

Hal ini terjadi karena kulit sintetis dibuat dari pabrik yang mana kebanyakan pabrik menggunakan cetakan untuk produksi massal.

4. Tingkat Kehalusan Permukaan

Jaket kulit asli memiliki permukaan yang cukup kasar. Yang paling halus adalah kulit domba. Namun itu masih terasa kasar jika diraba. Karena bekas pori-pori kulit yang masih membekas.

Jika anda meraba permukaan kulit sintetis, maka berbeda cukup jelas. Kulit sintetis lebih halus dan lebih kesat dari kulit asli.

5. Berat Jaket

Bobot jaket juga bisa digunakan sebagai ciri pengenal jaket kulit asli. Pada umumnya, jaket kulit memiliki bobot yang lebih berat.

Kelima ciri-ciri jaket kulit di atas berlaku untuk jaket kulit asli lokal. Berbeda dengan produk jaket kulit impor. Kebanyakan produk jaket kulit asli impor sudah mengalami proses yang lebih canggih.

Seperti proses buffed, split, dan sanded. Untuk jaket kulit asli impor lebih susah dibedakan dengan jaket kulit yang sintetis. Namun, untuk produk impor biasanya lebih melihat ke nama brandnya.

Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dengan Mengetesnya

Tips Membeli jaket kulit asli

Selain dengan mengenali ciri-ciri jaket kulit di atas, anda juga bisa menggunakan tips membeli jaket kulit asli dengan mengetesnya. Ada beberapa cara untuk mengetes keaslian bahan kulitnya.

Apa saja tes yang bisa dilakukan untuk membuktikan jaket kulit asli? Berikut ini adalah tips membeli jaket kulit asli dengan cara mengetesnya.

1. Tes Elastisitas

Kita bisa melakukan pengetesan sederhana, yaitu dengan cara menarik bahan jaket. Jaket kulit asli memiliki tekstur yang lentur, sehingga ketika ditarik-tarik bahan akan mulur. Selain itu, terasa sangat lembut.

Kulit domba asli memiliki ciri-ciri yang cukup jelas. Ukuran tebalnya lebih tipis dari pada kulit sapi. Itulah juga yang menjadi alasan kenapa kulit domba lebih layak dijadikan jaket dari pada kulit sapi. Meskipun kulit sapi bisa-bisa saja dijadikan jaket.

2. Cek dengan Api

Untuk mengecek keaslian jaket kulit asli berikutnya cukup ekstrim. Ini bisa membuat produk cacat, apabila produk tersebut bukan dari kulit asli. Pasalnya, jaket kulit asli jika dicoba dengan api dari korek api, jaket kulit asli hanya akan terasa panas saja.

Dan sebaliknya, jika jaket kulit yang dites dengan korek api terbuat dari kulit sintetis, maka akan terbakar. Inilah salah satu kelebihan jaket kulit asli. Wajar jika harga jaket kulit asli cukup mahal.

3. Tes Kenyamanan dan Kesejukan Ketika Dipakai

Jaket kulit asli original memiliki kelebihan yang membuatnya pantas dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Ketika anda akan membeli jaket kulit asli, sebelum memutuskan membayarnya, tidak ada salahnya jika anda mencobanya terlebih dahulu.

Hal ini bisa anda lakukan jika anda membeli di toko yang belum anda kenal pemiliknya. Jaket kulit asli akan tetap terasa sejuk dan nyaman dipakai dalam segala cuaca. Meskipun jaket ini terlihat panas jika dipakai, namun pada faktanya akan berbalik jika sudah mencobanya.

4. Tes Pembakaran

Tes yang satu ini bisa diterapkan pada potongan bahan, jangan pada jaket yang sudah jadi. Ketika anda mendatangi penjual, mintalah sampel dari bahan yang digunakan untuk membuat jaket.

Jika benar-benar kulit asli, ketika dibakar akan menjadi debu. Sedangkan kulit sintetis, jika dibakar akan menjadi suatu gumpalan layaknya suatu plastik yang dibakar.

Nah, bagaimana pengunjung kampoengkulit.com? Cukup jelas bukan artikel di atas. Pada  intinya, jika ingin membeli jaket kulit asli, lebih baik ke tempat yang sudah terpercaya dan memberikan jaminan. Namun meskipun begitu tidak ada salahnya jika ingin menerapkan tips membeli jaket kulit asli di atas dimanapun anda akan membeli jaket kulit asli.

Satu pemikiran pada “Tips Membeli Jaket Kulit Asli dengan Melihat Ciri-cirinya”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.