Tahapan Proses Pembuatan Jaket Kulit Asli Step by Step

Lohalo? Selamat datang di situs kampoengkulit.com. Tempat yang pas untuk mencari informasi tentang kerajinan kulit. Kali ini informasi yang akan kami bagikan adalah tentang proses pembuatan jaket kulit.

Jika di dalam hati anda menyimpan pertanyaan, bagaimana sih proses pembuatan jaket kulit? Dari yang tadinya berbentuk kulit yang memiliki bau khas binatang jadi sebuah jaket yang rapi dan bagus.

Kami rasa, banyak orang yang belum tahu tentang ini. Yaitu tentang proses-proses yang dilalui dalam pembuatan jaket kulit. Seperti penyamakan, pemberian warna, sampai menjadi suatu jaket yang bagus dan keren.

Mengintip Panjangnya Proses Pembuatan Jaket Kulit

Proses pembuatan jaket kulit

Seperti namanya jaket kulit adalah jenis jaket yang dibuat dengan bahan dasar kulit. Tentu kita sudah sangat familiar dengan nama dan bentuk jaket kulit tersebut.

Cara merawat jaket kulit yang benar

Melihat bentuknya yang elegan dan tangguh ada baiknya kita mencoba melihat proses pembuatan jaket kulit tersebut agar kita tahu bagaimana sih jaket itu dibuat dari bahan baku menjadi barang jadi yang siap kita pergunakan

Pembuatan jaket kulit berbeda dengan proses jaket berbahan dasar selain kulit lainnya karena jaket ini membutuhkan pekerja yang mempunyai ketelitian, keahlian khusus, kesabaran berhubung waktu pengerjaannya juga relatif lama.

Untuk mengolah bahan baku juga bukanlah hal mudah, beda dengan bahan baku kain atau yang lainnya, karena berasal dari kulit hewan yang basah yang harus dikeringkan

Step by Step Proses Pembuatan Jaket Kulit

Proses pembuatan jaket kulit

 

1. Menentukan Bahan Dasar Kulit

Bahan dasar pembuatan jaket adalah menggunakan kulit dari hewan seperti kulit domba,kulit kambing, kulit sapi. Bahan yang paling sering dipergunakan adalah kulit sapi.

Kulit yang sudah diambil harus segera didinginkan dan diberi garam atau direndam dalam air asin. Tujuannya adalah agar kulit terlihat bersih dari kotoran-kotoran yang menempel dan awet untuk produksi.

2. Penyamakan Kulit (Hides Tanning)

Kulit yang tersedia belum bisa langsung diolah menjadi jaket. Masih ada tahapan lainnya. Salah satunya adalah penyamakan kulit, yaitu suatu proses untuk memperbaiki karakteristik dari kulit mentah yang mudah rusak menjadi kulit olahan yang lebih awet. Kulit hewan yang belum diolah sangat rentan oleh perubahan cuaca, zat kimia, biologi sehingga menjadi busuk.

Langkah pertama adalah pencucian kulit hewan. Kulit akan direndam di dalam air bersih, untuk menghilangkan garam di awal proses tadi dan meningkatkan kadar air agar kulit bisa diolah lebih lanjut.

Agar tidak muncul bakteri pada proses ini biasanya akan ditambah bahan kimia juga untuk melindungi kulit dari pertumbuhan jamur pada permukaan kulit.

Selanjutnya adalah pengeringan kulit hewan. Tahapan ini berguna untuk menurunkan kadar air pada kulit hewan, serta agar kulit lebih awet untuk di proses lebih lanjut.

Pengeringan ini bisa dilakukan dengan cara manual seperti menjemur di bawah terik matahari atau dengan diangin-anginkan, bisa juga dengan menggunakan panas buatan seperti pengering atau oven khusus.

Kulit yang sudah kering masuk proses pencabutan bulu dimana pada tahapan ini memakai bahan kimia seperti sodium disulfide, sodium hidroksida, kalsium hidrosulfit, dimetil amin, dan sodium sulfa hidrat agar bulu pada kulit bisa tercabut dengan  mudah dan bersih. Pelepasan bulu dilakukan secara mekanik menggunakan mesin yang dilanjutkan manual menggunakan pisau tumpul.

Setelah kulit bersih dari bulu, maka tahap terakhir dari proses penyamakan adalah mengawetkan kulit sebelum diolah menjadi barang produksi.

Hal ini bertujuan agar kulit bersih dari sisa kotoran, bulu, zat kimia. Pengawetan bisa dengan cara penggaraman, pengasaman, dan pengeringan. Bisa dengan bahan kimia atau memaksimalkan sinar matahari hingga kulit siap diolah.

3. Pemberian warna

Kulit yang telah tersamak dengan baik, kita lanjutkan pewarnaan pada kulit sesuai dengan selera dan rencana produksi kita. Warna dasar yang banyak digunakan adalah hitam dan coklat, namun kita bisa memilih warna lainnya untuk di aplikasikan pada kulit tersebut.

Pewarnaan menggunakan zat kimia pewarna khusus untuk kulit yang memastikan tidak akan luntur. Pada proses pewarnaan kulit harus segera dijemur agar kering dan warna menyatu dengan sempurna sebelum diolah ke tahap selanjutnya.

Apabila warna pada kulit belum kering akan mengakibatkan belang pada permukaan kulit sehingga hasil produksi tidak maksimal atau bisa dikatakan produk gagal. Tentu saja hal ini kan mengakibatkan kerugian dalam sisi produksi

4. Membuat Pola desain 

Seperti membuat pakaian pada umumnya hal yang kita siapkan pertama adalah membuat pola atau model jaket yang akan kita produksi. Model bisa mengikuti trend atau menggunakan model klasik yang telah banyak ada di pasar.

Di sini peran desainer sangat penting untuk bisa memunculkan model-model baru dari sebuah jaket kulit agar diterima oleh pengguna.

Pembuatan pola bisa memakai cara tradisional yaitu dengan menggambar pola diatas kertas karton kemudian kita potong dengan gunting secara manual.

Atau bisa juga dengan teknologi terbaru menggunakan software komputer yang disambung mesin pemotong otomatis yang telah terkoneksi. Cara ini bisa lebih memudahkan dan mempercepat pemotongan pola untuk bisa segera di produksi.

5. Menjahit Pola

Pola yang sudah terbentuk kita aplikasikan pada bahan kulit sesuai dengan model dan rencana produksi. Bahan kulit tersebut kita potong sesuai dengan pola yang ada. Hasil potongan tersebut akan kita jahit.

Proses menjahit kita bisa menggunakan mesin jahit manual atau konveksi, biasanya alat ini digunakan apabila produksi dalam jumlah besar. Dalam proses ini sangat dibutuhkan ketelitian dan ketrampilan dari penjahit untuk menggabungkan pola demi pola dengan baik agar terjamin kualitas jahitan, kerapihan jaket yang kita buat.

Akan lebih baik jika jaket dibuat secara manual dimana penjahit benar-benar bisa melihat setiap detail dari pola yang akan dijahit. Perlu kesabaran jika pola agak rumit.

6. Pemolesan Jaket

Tahap akhir dari perjalanan sebuah jaket adalah dengan memoles jaket tersebut sebelum kita jual ke pasar. Proses ini juga disebut dengan rouging yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan noda yang mungkin masih menempel pada jaket saat pada tahap produksi. Selain itu agar permukaan jaket tampak mengkilap dan menarik.

Jaket Siap untuk Dipakai

Model jaket kulit

Setelah mengetahui ulasan tentang proses pembuatan jaket kulit tersebut, ternyata prosesnya cukup panjang ya untuk bisa memakai jaket kulit dengan kualitas bagus. Sangat sepadan dengan harganya. Mengingat banyak tahapan yang perlu dikerjakan untuk sebuah jaket.

Selain itu peran pekerja juga menentukan kualitas dari jaket yang dihasilkan, bisa langsung kita nilai saat kita melihat sebuah jaket. Anda tentu bisa merasakan memakai jaket kulit asli pasti akan berbeda dengan jaket lainnya.

Jaket kulit asli akan mempunyai tekstur yang tidak homogen, jadi masing-masing jaket pasti punya tekstur berbeda. Selain itu juga bahannya lembut, lentur, wangi yang khas, sejuk apabila dipergunakan pada siang hari dan hangat saat cuaca dingin. Dan yang pasti jaket ini awet bertahun-tahun.

Tidak ada salahnya mempunyai jaket kulit asli. Bisa anda gunakan untuk keseharian anda atau sekadar untuk fashion saja. Jaket kulit ini mempunyai nilai daya saing yang tinggi dan selalu mendapatkan tempat di masyarakat.

Model jaket yang tidak lekang oleh zaman dan selalu ada update model dari para desainernya. Anda bisa menyesuaikan model jaket dengan kepribadian anda.

Jika anda berniat untuk membeli jaket kulit, anda bisa menanyakan juga kepada penjual tentang tahapan-tahapan pembuatan di atas agar anda bisa merasa yakin bahwa jaket tersebut benar-benar layak untuk anda miliki. Dan di kampoeng kulit, kami jual jaket kulit dan anda bisa menanyakan hal itu ke kami.

Kebanyakan jaket kulit adalah produksi lokal dengan bahan lokal juga yang tentu saja ramah lingkungan. Selamat berburu jaket kulit ya. Itu saja informasi dari kami tentang proses pembuatan jaket kulit. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel tentang cara merawat tas kulit dengan baik dan benar.

Satu pemikiran pada “Tahapan Proses Pembuatan Jaket Kulit Asli Step by Step”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.