Oleh oleh Khas Garut Terlaris Paling Enak Terpopuler 2019

Oleh-Oleh Khas Garut Terlaris Paling Enak Terpopuler 2019

Apa kabar sobat kampoengkulit.com, pada artikel kali ini kami akan membahas oleh-oleh khas Garut terlaris paling enak terpopuler 2019. Apakah anda tahu bahwa setiap daerah memiliki oleh-oleh khas tersendiri.

Sama halnya dengan Kabupaten Garut, meskipun mempunyai wilayah tidak terlalu luas tapi Kabupaten Garut memiliki objek wisata yang cukup banyak. Dan juga makanan oleh-oleh khas garut yang benar-benar unik. Berikut adalah daftar oleh-oleh khas garut yang tidak boleh anda lewatkan.

Oleh oleh Khas Garut Paling Terpopuler

Dodol Garut

tasikstore1.blogspot.com

Dodol Garut ini mempunyai banyak jenis sobat, dan cara membuatnya sudah menjadi tradisi di beberapa daerah. Seperti dodol Cina, dodol Betawi, dodol nanas Subang, dan tidak lupa dengan dodol Garut.

Akan tetapi dari sekian banyak jenis dodol, dodol garut inilah yang lebih familiar. Tidak hanya di daerahnya sendiri tetapi dodol garut juga sudah dikenal di berbagai daerah di Indonesia.

Sebenarnya dahulu dodol Garut adalah makanan tradisional yang diproduksi di rumah warga setempat. Jadi sulit memang untuk mengetahui siapa orang yang membuat dodol pertama kali.

Pastinya dodol Garut ini telah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada zaman Belanda banyak nyonya-nyonya menir yang pandai membuat dodol, baik sebagai santapan sendiri ataupun untuk dijual. Seiring berkembangnya teknologi, sekarang dodol garut diproduksi secara masal dan modern.

Chocodot

www.liputan6.com

Olahan biji kakao yang satu ini sangat digemari semua kalangan terutama kaum muda. Pertama kali orang yang mengonsumsi cokelat adalah penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman.

Cokelat juga dulunya dikonsumsi hanya oleh kaum bangsawan, seiring waktu cokelat menjadi makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi oleh siapapun. Salah satunya ialah chocodot, yaitu cokelat asal garut yang unik.

Keunikan chocodot ini terletak pada namanya. Seperti cokelat “anti stress” yang memiliki rasa daun mint, “cokelat rasa sayang” dengan rasa milk atau susu, “cokelat enteng jodoh”.  Yang memiliki varian berbagai jenis rasa, dan masih banyak chocodot dengan nama unik lainnya.

Kue Burayot

www.tokopedia.com

Oleh-oleh khas Garut selanjutnya adalah adalah burayot. Burayot itu berasal dari bahasa sunda yang artinya menggelantung. Oleh-oleh yang satu ini bisa anda temukan di Garut tepatnya di sekitaran Kecamatan Wanaraja, Kadungora, dan Leles. Oleh-oleh ini dibuat dari bahan tepung beras, gula merah, kacang tanah minyak kelapa. proses untuk menghasilkan kue burayot tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.

Cara merawat jaket kulit asli Garut

Burayot juga merupakan makanan khas sunda, untuk anda yang ingin mencicipi kue burayot ini anda bisa menemukannya di pasar-pasar. Seperti di pasar Kadungora anda bisa membeli kue burayot yang masih panas layaknya kue balok yang dijajakan di sana. Kue burayot ini enak sekali di santap dalam kondisi masih panas.

Biasanya kue burayot ini banyak di produksi di setiap rumah ketika hari lebaran tiba. Baik untuk dikonsumsi sendiri atau bersama sanak saudara. Ada juga yang memproduksi kue ini dalam jumlah yang sangat banyak untuk dijual, atau memenuhi pesanan menjelang hari lebaran.

Nasi Liwet Instan

www.pergidulu.com

Quick cooking rice atau nasi instan merupakan oleh-oleh dari beras yang dimasak kemudian dikeringkan. Agar memiliki masa sebelum kadaluarsa yang lebih lama untuk disimpan, namun bisa disajikan dalam waktu yang cukup singkat.

Dan inilah yang menjadikan konsumen tertarik untuk mencobanya, nasi instan ini cocok untuk anda yang memiliki keterbatasan dalam bidang memasak.

Dan inovasi terbaru telah muncul yaitu nasi liwet instan. Nasi liwet merupakan kuliner khas jawa barat, dimana nasi dimasak dengan berbagai aneka bumbu dan rempah, Hasilnya nasi menjadi lebih beraroma gurih dengan rasa yang benar benar menggugah selera.

Dorokdok

satriabajahitam.com

Yang satu ini merupakan oleh-oleh khas Garut yang banyak dibeli oleh konsumen selain dodol Garut. Dorokdok atau nama lainnya adalah kerupuk kulit adalah cemilan tradisional khas Kabupaten Garut yang memiliki rasa yang tidak ada duanya.

Sebenarnya dorokdok dengan kerupuk kulit itu berbeda. Dorokdok terbuat dari kulit sapi pilihan, sedangkan kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau pilihan. Kemudian diolah melalui proses yang sama yaitu dengan diracik dengan rempah-rempah asli Indonesia. Seperti ketumbar, kunir, bawang merah, asam jawa, garam, gula merah, dan bahan yang lainnya.

Dorokdok dan kerupuk kulit garut tidak sama sekali memakai bahan pengawet dan diolah dengan sangat higienis. Proses pembuatannya pun menghabiskan waktu yang cukup lama, yaitu lima hingga satu minggu.

Emplod

Dilihat dari namanya saja unik, yaitu emplod. Ada juga masyarakat garut memanggilnya dengan nama Endog Lewo. Endog itu artinya telur sedangkan lewo itu daerah di mana makanan ini diproduksi.

Berbahan dasar singkong, Emplod mempunyai rasa yang enak dan garing. Bentuknya yang bulat seperti telur, ternyata makanan gurih yang satu ini dibumbui dengan bumbu yang sederhana. Hanya bawang putih dan garam saja.

Sesuai dengan lidah orang Indonesia emplod juga ada yang memiliki rasa yang pedas. Walaupun emplod tidak se-viral makanan garut yang lainnya, tapi emplod sudah tersebar ke berbagai daerah Jawa Barat. Seperti sumedang, Bandung, dan daerah Jawa Barat lainnya.

Jeruk Garut

www.kaskus.co.id

Selain terkenal dengan makanan olahan, Garut juga terkenal akan buah jeruknya yaitu jeruk Garut. Sesuai dengan Perda No.9 Tahun 1981, jeruk garut telah dijadikan sebagai komponen penyusun lambang Kabupaten Garut.

Jeruk Garut juga merupakan komoditas sub-sektor pertanian tanaman pangan dengan prospek yang sangat tajam terhadap ekonomi masyarakat.

Opak

ksmtour.com

Oleh-oleh khas garut yaitu opak Garut mempunyai keistimewaan yang berbeda dengan opak opak yang ada di daerah lainnya. Keistimewaannya terletak pada cara pembuatan, rasa, dan bentuknya yang lebih menarik.

Dari dulu sampai sekarang oleh-oleh masih tetap diproduksi dan cukup terkenal di berbagai daerah, bahkan opak garut ini tersebar di beberapa pasar di luar Jawa.

Ladu

http://bangka.tribunnews.com

Di telinga masyarakat makanan yang satu ini terdengar asing, tapi di daerahnya ladu ini cukup kesohor. Malangbong merupakan daerah asal makanan tersebut hingga tidak sedikit orang menyebutnya ladu Malangbong.

Ladu dibuat menggunakan bahan beras ketan. Kemudian diproses sedemikian rupa hingga menjadi makanan yang memiliki cita rasa unik dengan bentuk yang berbeda dari makanan lainnya.jika anda mencoba ladu ini maka rasanya sebelas duabelas dengan dodol ketika digigit. Namun perbedaannya ladu ini memiliki tekstur yang agak kasar dan itulah yang menjadi ciri khasnya.

Rengginang

www.tribunnews.com

Kemudian ada rengginang, rengginang ini terbuat dari ketan atau beras yang dikukus dan diberi bumbu, kemudian dibentuk menjadi bulat pipih. Lalu kemudian dijemur hingga kering. Proses terakhir rengginang digoreng hingga mengembang, dan rengginang pun siap disantap.

Akar Wangi

www.faunadanflora.com

Akar wangi ini biasanya digunakan untuk wewangian sesuai dengan namanya. Misalnya minyak vetivera atau minyak esensial, yang terdapat dari beberapa bahan produk kosmetik.

Jaket Kulit

lifestyle.okezone.com

Selain makanan Kabupaten Garut juga memiliki oleh-oleh khas garut yang sangat familiar dimana-mana. Jaket kulit Garut merupakan alasan orang-orang pergi ke sana. Selain karena harganya yang murah, penjual jaket kulit Garut juga sudah terjamin kualitasnya di kaca mata mancanegara. Di Garut juga anda bisa melihat langsung proses pembuatannya. Anda bisa melihat model jaket kulit pria terbaru di sini.

Batik Garut

infobatik.id

Tidak hanya jaket kulit sobat, Garut juga memiliki batik yang khas lho. Batik Garut merupakan warisan nenek moyang yang diwariskan secara turun temurun. Bahkan sudah berkembang dari zaman pra-kemerdekaan Indonesia. Sampai pada tahun 1945 batik ini terkenal dengan nama batik tulis Garutan, dan berjaya pada tahun 1967 – 1985.

Akan tetapi karena keterbatasan bahan disertai kurangnya modal ditambah lagi dengan strategi pemasaran yang kurang baik. Sehingga menyebabkan generasi penerus pengrajin batik mengalami penurunan.

Penyebab yang sangat berpengaruh lainnya adalah persaingan dari produsen lain yang menggunakan teknik lebih modern. Misalkan adanya batik cetak dengan mesin printing.

Sebenarnya masih banyak oleh-oleh khas dari garut yang lainnya, tetapi yang diatas merupakan oleh-oleh yang sering konsumen beli. Bila ada yang ingin menambahkan silahkan cantumkan di kolom komentar.

Sekian artikel mengenai oleh-oleh khas garut terpopuler 2019 semoga sobat tidak bingung lagi ketika ingin membeli oleh oleh di Garut. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi wawasan untuk sobat kampoeng kulit.

Satu pemikiran pada “Oleh oleh Khas Garut Terlaris Paling Enak Terpopuler 2019”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.