Mengenal Bahan Sintetis Beserta Keuntungan dan Kerugiannya

Halo sobat kampoengkulit.com dimanapun anda berada, dalam artikel kali ini kami akan menyampaikan beberapa informasi mengenai contoh bahan sintetis. Karena jenis bahan tersebut banyak diminati di berbagai kalangan. dimana bahan sintetis tersebut diminati mulai dari segi kualitas, jenis bahan, dan juga dari segi perawatannya.

Bahan sintetis ini berbeda dengan kulit asli. Bahan sintetis ini diciptakan oleh manusia dengan kekurangannya berbeda dengan kulit asli yang diciptakan langsung oleh sang pencipta dengan segala kesempurnaannya. namun dari pandangan sekilas kita hampir sulit membedakan mana bahan kulit asli atau kulit sintetis.

Bahan sintetis ini terbuat dari polimer-polimer yang dirancang secara berurutan dan terus menerus. Dan bahan sintetis ini biasanya disusun hanya oleh dua jenis bahan penyusun. Pada tahun 1850 bahan kulit sintetis ditemukan, kemudian dikembangkan dengan komposisi pyroxylin zat sintetis atau yang dikenal dengan istilah karet.

Pada kesempatan kali ini kampoengkulit.com akan memaparkan hal yang berkaitan dengan bahan sintetis seperti bahan suede, bahan polyester. Pengertian bahan kulit sintetis, contoh bahan sintetis, dan kualitas dari bahan sintetis. Dengan membaca artikel ini, secara otomatis anda akan mengenali ciri jaket kulit asli kualitas super.

Penjelasan Bahan Kulit Sintetis

contoh bahan sintetis
contoh bahan sintetis

Bahan sintetis merupakan bahan tiruan bukan berasal dari kulit hewan yang sebenarnya. Bahan sintetis atau tiruan ini dibuat semirip mungkin dengan kulit hewan yang asli,mulai dari warna, motif, glossy atau kilapannya. Supaya mendapatkan kualitas yang jauh lebih apik dan memenuhi kriteria atau selera konsumen.

Kemudian ada juga bahan sintetis plastik, apa sih bahan sintetis plastik itu? Jadi gini sobat, bahan sintetis plastik itu adalah bahan sintetis yang terbuat dari plastik biasanya disebut dengan pleather. Cirinya adalah pada permukaan nya yang memiliki kilauan yang mengkilap, mirip dengan bahan kulit yang lainnya.

Namun untuk bahan sintetis jenis ini tidak memiliki elastisitas bahan yang cukup tinggi atau bisa dibilang kaku daripada kulit asli. Awalnya pleather ini sebagian besar terbuat dari PVC, seiring perkembangan zaman dibuatlah dari polyurethane.

Seiring berjalannya waktu penggunaan bahan sintetis mulai banyak dipakai dalam beragam jenis fashion. Seperti tas, dompet, sepatu, jaket, dan masih banyak yang lainnya. Itu semua dikarenakan bahan sintetis memiliki harga yang cukup murah, mengkilap, sederhana namun berkesan mewah.

Contoh Bahan Sintetis/Kulit Sintetis

contoh bahan sintetis
contoh bahan sintetis

Kulit sintetis berdasarkan kualitasnya dibedakan menjadi tiga jenis. Yaitu kualitas tinggi (high quality), kualitas menengah (medium quality), dan kualitas rendah (low quality).

Kualitas Tinggi (High Quality)

contoh bahan sintetis
contoh bahan sintetis

contoh bahan sintetis atau kulit sintetis kualitas tinggi yaitu seperti mbtech, murano, dan platinum. Keunggulannya adalah bahannya cukup awet dan tidak mudah pudar pada warnanya, dan permukaan bahan sangat lembut ketika diraba.

Kualitas Menengah (Medium Quality)

contoh bahan sintetis
contoh bahan sintetis

Untuk bahan kulit sintetis tipe medium salah satu contohnya adalah virotec, caviero atau dengan sebutan virotec super, martin suede. Suede disini menyatakan bahwa bahan ini sintetis bukan berasal dari kulit asli. Kelebihan bahan tersebut adalah memiliki permukaan yang agak lembut.

Kualitas Rendah (Low Quality)

contoh bahan sintetis
contoh bahan sintetis

Sedangkan untuk versi low atau rendah diantaranya adalah camera, kanvas, parasit, dan vinyl. Namun sifat dari bahan sintetis berkualitas rendah adalah bahannya yang sangat tipis dengan permukaan yang kasar.

Contoh Bahan Sintetis atau Kulit Sintetis Berdasarkan Jenis atau Tipe :

Ada beberapa bahan sintetis yang dibuat dari bahan PVC (polyvinyl chloride) dan ada juga yang dibuat dari PU (poliuretan).

Bahan Kulit Sintetis dari PVC

contoh bahan sintetis
contoh bahan sintetis

PVC ini merupakan bahan yang dirancang oleh manusia untuk menggantikan kulit sebagai bahan utama pembuatan dalam bidang fashion.

Penggunaan bahan ini hanya sebagai pelapis saja, yaitu lapisan utama dari bahan yang lainnya. Diantaranya yaitu lapisan dasar atau sebagai lapisan aditif. Untuk lapisan PVC ini dasarnya dibuat dari tekstil.

Contohnya katun, kanvas, dan lapisan PVC, sehingga memiliki tekstur yang lebih kaku dan rapuh. Namun keuntungan dari permukaan  yang mengkilap bagaikan plastik adalah mudah untuk dibersihkan.

Bahan Kulit Sintetis dari PU

contoh bahan sintetis
contoh bahan sintetis

Bahan kulit sintetis ini merupakan bahan yang sangat terkenal di dunia fashion. Dikarenakan bahan kulit sintetis PU ini memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya harga yang relatif murah, permukaan yang berbintik yang menjadi ciri khasnya, dan juga memiliki warna yang beragam.

Lapisan utama pada jenis bahan sintetis ini mengadopsi bahan kimia aditif pada PVC sehingga memiliki permukaan yang lebih lembut. Beberapa  bahan sintetis dari PU yang dihasilkan benar-benar berkualitas,maka secara kasat mata sulit untuk dibedakan dengan kulit asli.

Kelemahan pada bahan kulit sintetis jenis PU ini warna yang sangat terang dan rentan terhadap noda tinta. Karena tinta berfungsi atau menyatu dengan zat lain sehingga beberapa pengguna sulit untuk membersihkannya.

Namun jika terkena noda yang lain sangatlah mudah. Yaitu dengan menggunakan deterjen dan sikat secara perlahan, kemudian keringkan dengan dilap menggunakan kain bersih. Jika bahan kulit sintetis merupakan kualitas yang tertinggi maka perawatannya pun harus lebih ekstra.

Bahan Kulit Asli

Penting juga bagi kita untuk mengetahui bahan kulit asli supaya lebih mudah untuk memilah antara kulit sintetis dengan kulit asli.sebenarnya jenis kulit yang dipakai sebagai bahan fashion tidak hanya dari kulit binatang ternak saja seperti sapi, domba, dan kambing.  Akan tetapi banyak di luar negeri sana yang memakai kulit hewan liar seperti buaya, ular, harimau dan masih banyak lagi.

Ciri yang paling khas adalah ketika menyimpan barang yang terbuat dari kulit asli. Misalkan sepatu, jaket atau yang lainnya akan menimbulkan jamur pada permukaannya. Hal tersebut disebabkan air atau spora jamur yang menandakan bahwa kulit tersebut organik atau asli.

Kelebihan Kulit Sintetis

Kelebihan bahan kulit sintetis adalah kemiripan yang sangat luar biasa dengan produk kulit asli kemudian memiliki harga jual yang cukup murah, karena bahan kulit sintetis dibuat dengan mesin, kemudian bahan sintetis lebih memiliki tekstur dan warna yang konsisten selain itu lebih mudah diwarnai dengan berbagai warna yang bervariasi dan warnanya tidak mudah memudar.

Kekurangan Kulit Sintetis  

Usia pakai yang lebih pendek dibandingkan dengan kulit asli. Cat atau warna pada permukaan jaket gampang mengelupas atau retak. Lama kelamaan pemakaian jaket bahan sintetis khususnya menjadi tidak nyaman dan kilapan pada permukaan jaket hilang. Bahan sintetis rata-rata lebih tipis, kemudian tidak terasa hangat ketika dipakai serta mengeluarkan bau seperti plastik atau karet.

Cara merawat jaket kulit supaya tahan lama

Kesimpulannya adalah tetap kualitas terbaik terdapat pada bahan kulit yang asli. Hanya saja orang-orang enggan membeli dikarenakan harga yang cukup dalam dalam merogoh kantong. Perlu diingat Harga tidak akan mengecewakan Produk itu sendiri.

Sekian sahabat kampoengkulit.com informasi yang bisa kami sampaikan mengenai contoh bahan kulit sintetis beserta kelebihan dan kekurangannya, semoga bermanfaat. Dan juga terimakasih atas kunjungannya, dan partisipasi dalam membaca artikel contoh bahan kulit sintetis beserta kelebihan dan kekurangannya. Ingat, belilah produk kulit mulai dari jaket kulit, tas kulit, sabuk kulit, dan dompet kulit hanya di kampoengkulit.com

Satu pemikiran pada “Mengenal Bahan Sintetis Beserta Keuntungan dan Kerugiannya”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.