Tips dan Cara Merawat Tas Kulit dengan Baik dan Benar

Hallo? Selamat jumpa dan selamat datang di kampoengkulit.com. Apakah anda sedang mencari informasi bagaimana cara merawat tas kulit dengan baik? Merawat tas kulit memang berbeda dengan jenis tas selain kulit.

Boleh dikatakan lebih simpel, tetapi tidak boleh diremehkan. Nah, bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara merawat tas kulit dengan baik dan benar silahkan baca artikel ini sampai selesai. Baca juga artikel kami tentang macam-macam dompet pria terbaru.

Mengulas Cara Merawat Tas Kulit dengan Baik

Cara merawat tas kulit
Sumber gambar: bukalapak.com

 

Anda memiliki koleksi tas dengan bahan dasar kulit. Pernahkah anda menemukan permukaan tas anda kusam atau mungkin ada jamur yang muncul di tas anda. Atau mungkin anda berencana untuk membeli tas kulit.

Sebelum anda membeli tas atau sudah memiliki tas namun belum tahu bagaimana memperlakukan tas anda, mari kita ulas dulu cara merawat tas kulit yang benar agar tetap awet.

Memiliki tas kulit memang menyenangkan, di samping kesan elegan dan glamor yang diciptakan dari tas itu sendiri juga bagi para pemakainya menimbulkan rasa percaya diri dan bangga.

Kebanyakan desain tas kulit memang dibuat simple namun berkelas. Mungkin hal itu yang membuat banyak orang senang menenteng tas berbahan leather ini.

Langkah Jitu Menjaga dan Merawat Tas Kulit

Cara merawat tas kulit

1. Hindarkan tas dari Sinar Matahari Langsung dan Air

Tekstur bahan kulit yang lembut sangat rentan terhadap panas matahari. Bagi anda yang lebih banyak beraktivitas outdoor usahakan untuk meminimalkan lamanya tas terkena paparan matahari langsung.

Hal ini karena bisa merusak tekstur bahan kulit itu sendiri, sehingga tas akan menjadi pudar warnanya bisa juga mengakibatkan muncul retakan pada tekstur kulitnya.

Air juga menjadi musuh bagi tas kulit anda. Cipratan air baik itu air biasa atau lebih berat adalah air hujan akan mengakibatkan kulit tas menjadi lembab sehingga kulit menjadi mudah rusak.

Kelembaban tersebut bisa mengundang jamur untuk tumbuh subur di permukaan kulit sehingga memunculkan bercak yang akan sangat sulit untuk dihilangkan

2. Keringkan Tas dengan Cara Alami

Apabila tas anda dalam kondisi yang basah setelah dibersihkan, maka segera keringkan dengan cara alami tapi jangan di jemur ya. Cukup anda letakkan di tempat yang teduh agar bisa kering dengan sendirinya.

Hindarkan menggunakan alat pengering seperti hairdryer karena justru akan merusak tekstur kulit sehingga tas menjadi retak dan rusak.

Bersihkan Segera Noda Makanan yang Menempel. Jika tas anda terkena noda makanan lekas bersihkan permukaan tas anda menggunakan kain halus atau kapas dan air hangat.

Cara ini bisa menjadi pertolongan pertama agar noda tidak membuat tas anda terlihat tidak menarik. Bersihkan kembali dengan cairan pembersih khusus untuk bahan kulit yang bisa anda beli si supermarket atau toko-toko tertentu.

3. Pakailah Lap Khusus

Saat anda membersihkan noda yang menempel di tas, bahan yang paling sesuai digunakan adalah kain micro-fiber karena memiliki tekstur yang sangat lembut dan mampu menyerap kotoran dengan baik.

Pilihan lainnya adalah kapas sebab memiliki tekstur yang hampir sama dengan kain micro-fiber. Kedua bahan ini aman digunakan untuk bahan kulit yang memang butuh perawatan khusus.

Jangan sekali-kali menyapukan tissue saat membersihkan tas kulit anda ya, karena tekstur tissue bisa membuat goresan di permukaan tas. Hal serupa jika anda menggunakan kain berbahan kasar.

Hindari juga tissue basah. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya justru akan merusak tekstur kulit itu sendiri sehingga bisa menjadi pudar warnanya atau belang.

4. Bersihkan Setiap Tekukan dan Sudut Tas

Untuk membersihkan permukaan tas pasti hal yang mudah untuk dilakukan. Tapi anda membutuhkan ketelitian lebih saat membersihkan tas kulit. Terutama di area-area seperti resleting, pegangan tas, sudut-sudut, kancing, tekukan, dan bagian dalam tas.

Gunakan kuas halus dan kain khusus yang telah diberi cairan pembersih khusus agak hasil yang di dapatkan bisa maksimal.

5. Simpan Tas Kulit dengan Benar

Sebelum anda menyimpan tas anda pastikan tas dalam kondisi bersih. Masukkan gumpalan-gumpalan kertas ke dalam tas, jangan menggunakan kertas koran.

Lapisi tas menggunakan dustbag atau bisa juga dimasukkan dalam kotak asli saat pembelian. Taruh tas ditempat yang bersih dan kering. Jangan menyimpan tas dengan cara di tumpuk karena merusak bentuk tas.

6. Gunakan Silica Gel 

Pada saat awal anda membeli tas anda pasti ada kan silica gel yang dimasukkan ke dalam box maupun tas anda. Jangan dibuang ya benda tersebut karena saat anda tidak sedang memakai tas tersebut anda bisa mempergunakan kembali agar tas lebih awet dan terhindar bau apek dan bau tak sedap lainnya saat disimpan.

7. Sering-Seringlah Mengeluarkan Tas

Ini adalah cara merawat tas kulit paling mudah. Walau tidak dipakai usahakan tetap mengeluarkan tas dari tempat penyimpanan ya. Hal ini berguna agar tas mendapatkan sirkulasi udara jadi tidak lembab.

Cukup anda keluarkan dari kotak atau dari wadahnya dan diamkan ditempat teduh untuk beberapa waktu. Setelah itu silahkan anda simpan kembali tas tersebut.

Beberapa hal diatas bisa anda terapkan sebagai cara merawat tas kulit kesayangan anda, simple dan mudah untuk dilakukan.

Namun dalam kondisi tertentu apabila anda terlanjur mendapati tas anda ditumbuhi jamur terutama pada bagian-bagian yang terlipat atau tertutup, tidak perlu khawatir ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyelamatkan tas anda tersebut.

Cara Membersihkan Jamur Dibagian Lipatan Tas

Cara merawat tas kulit

Pertama

Siapkan air bersih atau air mineral dan sabun berbahan lembut, seperti sabun muka. Campurkan bahan tersebut dengan perbandingan 8:1.

Apabila sudah tercampur masukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot, apabila anda tidak memiliki botol ini boleh menggunakan botol bekas parfum bekas yang telah dicuci bersih dan di bilas dengan air hangat.

Kedua

Ambillah bahan untuk mengelap seperti kapas atau kain microfiber lalu semprotkan cairan tersebut pada bahan yang anda pilih. Jangan terlalu banyak atau terlalu basah, secukupnya saja.

Hindari menyemprotkan cairan  langsung pada permukaan tas ya karena akan membuat tas anda menjadi basah sehingga justru akan lebih sulit untuk dibersihkan dan dikeringkan. Lap pada area yang ditumbuhi jamur secara perlahan.

Usahakan mengelap searah dengan alur serat bahan kainnya. Hindari melawan atau menabrak alur serat dari bahan kulit tersebut. Jangan terlalu keras menggosok permukaan kulit karena bisa mengakibatkan kulit terkelupas atau tergores. Lap hingga jamur di permukaan tas mulai memudar dan hilang.

Ketiga

Jika jamur sudah mulai menghilang dan permukaan tas sudah terlihat bersih, tempatkan tas pada tempat yang sejuk dan teduh. Angin-anginkan tas tersebut sehingga permukaan yang tadi basah akan kering secara alami tanpa menggunakan alat pengering. Jangan sampai dijemur di bawah terik matahari ya agar permukaan kulit tidak retak atau pecah

Terakhir

Apabila anda sudah yakin tas anda sudah kering dengan sempurna, tas anda sudah bisa dipergunakan kembali dan jamur yang mengganggu keindahan tas anda sudah hilang.

Cara merawat jaket kulit supaya awet

Atau jika anda berniat menyimpannya kembali silakan anda bisa memoles tas anda dengan pelembab khusus bahan kulit. Masukkan kembali ke kotak atau tas khusus. Simpan rapi di tempatnya.

Sangat mudah kan untuk melakukan semua langkah-langkah diatas. Sayang dong jika tas kulit anda kotor atau tidak dirawat dengan baik. Selalu sayangi tas anda dengan perawatan ala rumahan tapi manjur agar tas makin awet, bersih, terlihat kinclong dan tentu saja tidak berbau apek. Semua itu pasti akan menambah rasa percaya diri anda saat menggunakannya. Selamat mencoba.

Jika kalian ingin membeli jaket kulit asli garut terbaik, pastikan membelinya kepada pengrajin yang sudah berpengalaman. Kampoengkulit juga menyediakan jasa jual jaket kulit asli dengan kualitas dan pengalaman terbaik.

Satu pemikiran pada “Tips dan Cara Merawat Tas Kulit dengan Baik dan Benar”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.