Cara Merawat Jaket Kulit Domba yang Baik dan Benar

CARA MERAWAT JAKET KULIT DOMBA – Hallo, kampoengkulit.com kali ini akan membagikan informasi mengenai merawat jaket kulit domba. Apakah ada cara khusus? Atau sama saja seperti merawat jaket pada umumnya? Tentu ada cara khususnya yang berbeda dengan merawat jaket pada umumnya.

Termasuk cara menyimpan jaket kulit, tentu juga caranya tersendiri. Jaket kulit domba adalah jaket yang dikategorikan jaket berkelas. Dari segi harganya saja sudah bisa ditebak. Tetapi bukan hanya sekedar mahal. Tentu mahalnya karena jaket kulit domba memang benar berkualitas . Oleh karena jaket ini mahal, maka dibutuhkan perawatan yang baik dan benar.

Tips dan Trik Merawat Jaket Kulit Domba

how to care for a sheep leather jacket

 

Tahukah anda bahwa jaket kulit yang berbahan dasar kulit domba termasuk jaket yang eksklusif. Bahan kulit domba memang terkenal dengan kualitasnya yang tahan lama, elegan, awet dan sangat bagus.

Memiliki jaket kulit domba tentu saja merupakan hal yang istimewa. Akan tetapi anda pun harus bisa meluangkan waktu lebih untuk mengetahui cara merawat jaket kulit domba tersebut.

Pada dasarnya merawat jaket kulit domba tidak berbeda jauh dengan merawat jaket kulit lainnya. Inti dari perawat jaket kulit adalah untuk mencegah kerusakan pada jaket baik berupa retakan pada permukaan kulit, mengelupas, tumbuhnya jamur, warna jadi kusam dan lainnya.

Perlu adanya perawatan khusus dan pencegahan terhadap ancaman hal-hal tersebut yang akan menimpa jaket kulit anda.

Cara Merawat Jaket Kulit Domba dengan Baik

Cara merawat jaket kulit domba

Mencuci Jaket Kulit Domba dengan Benar

Aturan main mencuci jaket kulit domba hampir sama dengan mencuci jaket kulit pada umumnya. Jaket ini tidak bisa di cuci dengan detergen maupun menggunakan mesin cuci. Jaket hanya bisa dicuci secara manual menggunakan tangan.

Jangan pernah merendam atau mencelupkan jaket ke dalam air. Pergunakan air dengan suhu normal, jangan menggunakan air panas.

Untuk menghilangkan noda yang terlanjur menempel pada permukaan jaket kulit cukup dengan mengusapkan kain lembut bersih yang telah dibasahi oleh air bersuhu normal ke seluruh permukaan jaket.

Gosok perlahan pada permukaan jaket kulit mengikuti arah serat kulit. Jangan mencampurkan air dengan cairan sabun seperti sabun mandi, detergen, atau sabun cuci piring.

Keringkan Jaket Kulit Domba Anda

Setelah anda selesai mencuci jaket dengan air bersih, keringkan jaket anda dengan cara diangin-anginkan ditempat yang teduh dan sejuk.

Jangan menjemur atau meletakkan jaket di bawah sinar matahari langsung, karena akan menimbulkan retakan pada permukaan jaket kulit anda. Selain itu tekstur jaket akan menjadi kaku dan tidak nyaman digunakan kembali.

Pada saat anda menjemur jaket tersebut gunakan hanger atau gantungan baju yang berbahan tebal seperti kayu atau bahan lain.

Jangan menggunakan hanger yang berbahan tipis seperti kawat, karena selain bisa saja hanger patah atau tidak kuat menyangga jaket juga mengakibatkan bentuk jaket akan berubah. Jangan menjemur dengan keadaan terlipat juga ya.

Membersihkan Bintik Sisa Air pada Permukaan Jaket

Selama proses pencucian dan penjemuran jaket kulit domba anda kadang kala masih ada sisa air yang tertinggal pada permukaan jaket yang akan membentuk bintik-bintik sisa air yang mengering.

Memang tidak berbahaya bagi jaket anda namun hal ini perlu dibersihkan juga agar nantinya tidak menjadi noda permanen yang akan sulit untuk dihilangkan.

Untuk membersihkan bintik-bintik sisa air tersebut anda hanya perlu menyiapkan shampoo khusus untuk kulit domba dan campurkan dengan sedikit air bersih.

Usapkan pada permukaan jaket kulit domba anda hingga bersih. Setelah dirasa sudah bersih menyeluruh kembali angin-anginkan jaket pada tempat yang teduh dan sirkulasi udara baik anda agar kering sempurna.

Simpan Jaket Kulit Domba dengan Tepat

Cara menyimpan jaket kulit domba yang benar adalah dengan digantung. Jangan menyimpan jaket dalam kondisi terlipat ya.

Walau terlihat rapi di dalam lemari namun lipatan-lipatan di jaket akan memunculkan kerutan yang lama kelamaan akan membuat retakan dan mengelupasnya kulit jaket tersebut. Tentu saja hal ini sangat merugikan karena jaket tidak terlihat menarik lagi.

Anda juga bisa menyimpan jaket kulit domba dengan memasukkan jaket ke dalam kantung baju yang terbuat dari bahan kain yang berpori untuk menjaga sirkulasi udara yang masuk ke dalam kantong.

Jangan menggunakan kantung baju berbahan plastik, karena plastik tidak memiliki pori sehingga bisa membuat jaket kulit anda tidak mendapat suplai udara yang cukup baik

Luangkan untuk Melakukan Treatment Khusus

Jaket kulit domba anda selain butuh untuk di cuci juga membutuhkan sentuhan khusus agar tetap awet. Jaket akan senantiasa terlihat berkilau dan bersih.

Editors Choice: Cara Merawat Jaket Kulit

Yang perlu anda siapkan adalah lotion atau kondisioner khusus untuk jaket kulit domba anda. Tujuannya adalah agar jaket kulit domba anda terlihat mengkilap, tidak mudah kering, pecah-pecah dan rusak.

Caranya simple saja, gunakan kain berbahan halus atau jika tidak ada bisa menggunakan kapas putih. Tuang lotion pada kain atau kapas lalu gosokkan perlahan pada seluruh permukaan jaket kulit domba anda hingga merata.

Lakukan cara ini hingga jaket kulit anda terlihat mengkilap dan bersih. Setelah selesai angin-anginkan sebentar dan jaket siap digunakan atau disimpan kembali.

Keluarkan Jaket dari Penyimpanan Secara Berkala

Seringlah mengeluarkan jaket dari lemari penyimpanan walaupun mungkin anda tidak berencana untuk memakainya. Buka kantong baju dan keluarkan jaket kulit domba anda.

Tujuannya untuk memberikan pasokan udara segar pada permukaan jaket anda. Dengan cara ini jaket kulit anda akan terjaga tingkat kelembabannya, terbebas dari jamur dan kerusakan serius yang lainnya.

Jual Jaket Kulit Asli Garut untuk Pria dan Wanita

Cukup mudah kan cara merawat jaket kulit domba ini. Anda pasti bisa melakukan perawatan ini di rumah. Agar jaket kulit domba yang anda miliki selalu awet ya.

Selain cara merawat jaket kulit ini, kita juga perlu juga mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat jaket kulit domba kita mengalami kerusakan dan muncul beberapa masalah umum seperti jamur, retak bahkan mengelupas.

Hal-Hal yang Patut diketahui

Cara merawat jaket kulit domba

  1. Cuaca yang panas atau suhu yang terlalu tinggi serta debu yang menempel pada permukaan jaket bisa mengakibatkan pengelupasan dan retakan-retakan pada permukaan jaket kulit domba anda. Jaket yang terpapar suhu tinggi kan menjadi kaku, lalu akan muncul kerutan-kerutan yang lama-lama akan terjadi pengelupasan-pengelupasan dari sedikit demi sedikit di area tersebut.
  2. Suhu yang tinggi juga kan membuat warna menjadi pudar sehingga jaket anda terlihat kusam dan tidak menarik. Pudarnya warna bisa secara menyeluruh maupun hanya terjadi di bagian-bagian tertentu saja. Pentingnya menempatkan jaket pada suhu ruang atau suhu normal adalah karena hal tersebut, agar jaket terhindar dari kerusakan-kerusakan yang diakibatkan oleh cuaca.
  3. Tempat maupun suhu yang lembab dan basah juga menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan jaket anda ditumbuhi oleh jamur. Sering-seringlah anda menengok jaket kulit domba anda apabila tidak anda pakai dan hanya disimpan. Jangan sampai jaket anda berjamur karena bisa mengakibatkan permukaan kulit rusak dan akan mengelupas dengan sendirinya
  4. Tempat untuk menyimpan jaket kulit domba yang baik bukanlah dengan menyimpan di dalam lemari tertutup rapat tanpa sirkulasi udara yang bisa keluar masuk. Anda bisa mempergunakan rak terbuka atau tanpa pintu sehingga jaket anda tetap mendapatkan udara yang segar. Jika diperlukan gunakan silica gel pada saat penyimpanan, anda bisa menaruhnya di saku jaket

Ulasan sederhana tentang cara merawat jaket kulit domba diatas akan sangat bermanfaat bagi anda yang peduli dengan perawatan jaket anda. Untuk sebuah jaket eksklusif tentu saja hal tersebut tidaklah berat atau sulit.

Akan lebih mudah untuk merawat dari pada memperbaiki jika sudah terjadi kerusakan yang mungkin tidak bisa diperbaiki kembali seperti aslinya.

Satu pemikiran pada “Cara Merawat Jaket Kulit Domba yang Baik dan Benar”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.