Cara Mencuci Tas Kulit yang Baik, Mudah, dan Simpel

Cara Mencuci Tas Kulit yang Baik, Mudah, dan Simpel

banner

Ingin mencuci tas kulit? Tapi takut salah? Sebaiknya baca dulu artikel dari kampoengkulit.com yang satu ini. Cara mencuci tas kulit yang baik bukan seperti mencuci baju atau pakaian lainnya. Ada cara khusus yang perlu anda ketahui.

Jika tas kulit anda tidak terlalu kusam atau kotor, sebaiknya bersihkan saja. Kami pernah menulis artikel tentang cara membersihkan tas kulit dengan minyak kayu putih. Jika anda belum tahu caranya, silahkan anda bisa membacanya.

banner

Jangan sampai anda mencuci tas bertujuan untuk membersihkan dan memperbagus tas kulit, tetapi malah rusak karena salah cara mencucinya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika sempatkan waktu tidak sampai 10 menit untuk membaca artikel ini.

Bagaimana Cara Mencuci Tas Kulit yang Baik?

Cara mencuci tas kulit dengan benar

Suka mengoleksi tas kulit, atau anda mempunyai tas kulit asli yang sering anda pergunakan dalam keseharian anda. Apakah anda pernah mencuci tas tersebut. Walau mungkin anda jarang menggunakannya tapi bukan berarti tas tersebut tidak kotor, anda perlu tahu juga bagaimana cara mencuci tas kulit anda agar selalu bersih dan sedap dipandang.

banner

Cara Merawat Jaket Kulit

Perkara mencuci tas kulit bukanlah hal yang mudah seperti kita mencuci tas atau barang lainnya. Tas kulit ini perlu teknik khusus dan treatment tertentu untuk senantiasa menjaga kualitas, bentuk, dan tekstur dari kulit itu sendiri. Salah dalam hal pencucian justru malah bisa membuat tas tersebut retak, mengelupas, bahkan rusak hingga tidak bisa dipergunakan lagi.

Langkah-Langkah Cara Mencuci Tas Kulit yang Benar

1. Siapkan Sabun Khusus

Siapkan sabun khusus untuk mencuci tas kulit atau bisa menggunakan shampo dan sabun bayi. Campur secukupnya dengan air yang bersuhu normal. Jangan menggunakan air panas atau air es. Karena suhu yang tinggi atau terlalu rendah hanya akan merusak permukaan kulit. Masukkan larutan tersebut dalam wadah atau botol spray yang bersih.

2. Sapu Permukaan Tas dengan Kain

Sapu permukaan tas dengan kain bersih, lebih dianjurkan menggunakan microfiber agar tidak meninggalkan goresan pada permukaan tas. Usap lembut dan jangan terlalu kasar. Pastikan semua bagian tas baik lipatan maupun bagian yang tersembunyi sudah di lap dengan baik dan bersih sebelum tas dicuci. Hal ini untuk mengurangi kotoran yang tersapu oleh sabun.

banner

3. Semprotkan Cairan Pembersih

Semprotkan cairan tersebut pada kain bersih lalu usapkan pada permukaan tas hingga seluruh bagian tas basah. Atau anda bisa juga mengusapkan dengan menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam larutan. Jangan terlalu basah dengan air namun jangan juga terlalu sedikit air yang terkena tas. Pastikan air tersebut merata di permukaan tas.

4. Gosok Permukaan Tas

Gosok permukaan tas dengan kain tersebut secara perlahan dan lembut. Jangan menggosok terlalu keras karena akan merusak tekstur kulit hingga bisa tergores atau terkelupas. Jangan lupa pastikan bagian-bagian yang tersembunyi dari tas juga sudah anda gosok. Untuk bagian yang terkena noda, anda bisa menggosoknya berulang-ulang namun tetap secara perlahan.

5. Pastikan Sudah Bersih

Pastikan semua noda dan kotoran yang menempel pada tas anda telah hilang dan bersih. Ambillah kain berbahan lembut yang masih basah dan kering lalu basahi dengan air biasa tanpa campuran sabun. Usapkan pada seluruh permukaan tas. Hal ini berguna untuk menghilangkan sisa sabun pada tas agar tidak meninggalkan bercak sabun saat sudah kering.

in article

6. Diamkan Tas

Diamkan tas ditempat terbuka namun teduh agar tas terkena angin. Tujuannya agar tas bisa kering dengan sendirinya. Cukup diangin-anginkan saja tidak perlu anda gunakan alat pengering karena suhu yang terlalu panas justru akan merusak tas anda. Jangan terkena sinar matahari langsung saat penjemuran. Anda bisa menggantung tas atau menggunakan hanger.

7. Gunakan Lotion Pelembab Khusus Tas Kulit

Setelah tas anda kering dengan sempurna, dan sudah tidak ada bagian yang basah siapkan lotion pelembab khusus tas kulit dan aplikasikan ke seluruh permukaan tas kulit. Tujuan dari langkah ini agar tas anda tetap terlihat lembab, bersih, mengkilap, dan terhindar dari jamur yang mungkin akan menempel pada permukaan tas tersebut jika tas belum kering.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Cara mencuci tas kulit dengan benar

banner

Tertarik untuk mencobanya di rumah, cara mencuci tas kulit anda yang praktis dilakukan. Namun sebelum anda mencuci tas tersebut ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan terkait dengan perlakuan khusus bagi tas anda, agar hasil dari pencucian bisa maksimal dan tidak justru menyebabkan tas rusak. Mari kita cermati apa saja yang harus diingat saat mencuci tas anda.

in article

1. Jangan Mencuci Tas dengan Air Panas/Hangat

Jangan mencuci tas kulit anda dengan air panas walaupun itu hanya hangat. Karena hal ini justru akan merusak permukaan kulit. Dengan suhu yang tinggi tas anda bisa saja malah mengelupas. Tas berbahan dasar kulit memang lebih sensitif dengan cuaca dan suhu. Akan lebih aman jika anda menggunakan air dengan suhu normal, jangan dingin atau panas.

2. Jangan Gunakan Detergen

Tidak boleh menggunakan detergen apapun. Apalagi yang biasanya untuk mencuci baju. Jika anda akan menggunakan detergen silakan anda menggunakan detergen yang memang diramu khusus untuk tas kulit. Biasanya detergen ini tidak berbahan keras yang membuat tas retak dan mengelupas. Jika tidak ada lebih baik pakai shampo dan sabun bayi.

3. Usahakan Jangan Gunakan Sikat

Jangan menggunakan sikat ya untuk membersihkan tas. Sayang dong jika anda menyikat tas anda, bisa mengakibatkan goresan di permukaan tas yang akan sulit untuk diperbaiki kembali. Semakin keras sikat akan semakin dalam pula goresannya. Pakailah kain lembut, memang akan lebih lama dalam menghilangkan noda tapi aman buat tas kulit anda.

4. Jangan Menjemur Tas di Bawah Sinar Matahari Secara Langsung

Jemur tas anda di tempat yang sejuk. Sejuk berarti tidak panas dan tidak dingin. Tidak terkena sinar matahari baik langsung maupun tidak langsung. Juga jangan sampai terkena air hujan atau cipratan air. Anda bisa memanfaatkan teras, garasi atau bagian ruangan dirumah anda yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus dan suhu yang stabil.

in article

Jual Jaket Kulit Asli Garut

Siap mencuci tas anda, yuk kita coba cara mencuci tas kulit ini. Agar tas yang kita miliki tetap bisa awet dan selalu indah saat kita memakainya. Karena tidak terlalu sulit juga kan, asal anda mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pasti hasil cucian anda akan maksimal, dan tas anda akan selalu bersih, wangi dan nampak baru walau mungkin sudah lama anda miliki.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.