Begini Cara Membersihkan Tas Kulit dengan Minyak Kayu Putih

Hallo sahabat kampoengkulit, kali ini kami akan memberikan informasi yang mungkin bisa jadi selama ini menjadi masalah buat kalian semua, apalagi bagi yang memiliki tas kulit dan tidak tahu bagaimana cara membersihkannya.

Bagi anda yang hobi mengoleksi tas-tas berbahan dasar kulit. Pernahkah tas anda terkena noda saat anda pakai. Bagaimana reaksi anda, panik dong pastinya.

Toko Online Jual Jaket Kulit

Anda perlu tahu nih bahwa ada cara instan jika tas anda terkena noda apalagi dalam keadaan darurat karena jika noda dibiarkan lama akan kering dan susah dibersihkan. Kami punya cara membersihkan tas kulit dengan minyak kayu putih.

Mungkin anda tidak pernah berfikir sebelumnya ya jika ternyata minyak beraroma segar yang dibuat dari kayu putih ini bisa menjadi penolong anda saat tas anda kotor atau terkena noda

Sebenarnya bukan hanya pada saat terkena noda saja tapi bisa juga digunakan untuk perawatan tas anda. tujuannya agar tas tetap bersih dan kinclong seperti baru. Mari simak step by step nya.

Cara Membersihkan tas Kulit dengan Minyak Kayu Putih

cara membersihkan tas kulit dengan minyak kayu putih

  1. Siapkan kapas untuk membersihkan tas kulit anda. Silakan anda bisa menggunakan kapas yang sudah berbentuk bulat atau kapas yang belum dibentuk. Yang penting kapas itu masih bersih dan lembut. Belum terkena air atau bahan lainnya. Kenapa menggunakan kapas, karena tekstur kapas yang lembut cocok digunakan untuk menggosok permukaan tas.
  2. Tuangkan minyak kayu putih yang sudah disiapkan pada kapas tersebut. Secukupnya saja tidak perlu terlalu banyak. Tidak ada takaran disini harus berapa, anda bisa menentukan seberapa kebutuhan minyak kayu putih tersebut. Jika noda yang ada di permukaan tas kulit cukup banyak, anda bisa menambahkan kembali takaran minyak kayu putih tersebut.
  3. Gosokkan kapas secara perlahan sesuai dengan arah serat kulit tas. Fokuskan penggosokan pada bagian yang terkena noda ya. Anda bisa menggosok berulang jika noda yang menempel belum bersih tapi ingat jangan terlalu kuat, agar tas anda tidak mengelupas. Jika kapas sudah kering tapi noda belum hilang pakai kapas baru dan tuangkan kembali minyak kayu putih. Biasakan untuk menggosok tas sesuai dengan seratnya ya, jangan menabrak arah dari serat kulit. Jika itu anda lakukan bisa membuat tas anda jadi mengelupas atau sobek. Perhatikan tas anda dan temukan arah serat tas kulit anda untuk memudahkan anda membersihkan tas tersebut dengan baik. Untuk bagian tali tas anda bisa menggosok memutar.
  4. Setelah bersih diamkan dulu sebentar tas kulit anda. cukup ditaruh di tempat sejuk. Tidak perlu terlalu lama, paling tidak sekitar kurang dari 5 menit saja , jangan terlalu kering juga. Cukup hanya untuk memastikan cairan minyak kayu putih telah mengering dari tas anda. semakin basah tas anda dengan minyak kayu putih maka semakin lama juga keringnya.
  5. Langkah terakhir usap dengan kain bersih yang berbahan lembut dan kering. Jangan pakai lap basah ya karena akan membuat tas anda kotor kembali. Lap pada bagian yang terkena minyak kayu putih agar kering dan bersih. Anda bisa mengulang langkah ini hingga tas anda benar- benar kering ya dan noda telah hilang.

Cara Merawat Jaket Kulit yang Benar

Tas anda sudah bersih, kinclong seperti baru lagi, anda sudah tidak perlu panik akan noda yang menempel pada tas anda. Namun ada hal-hal yang harus anda perhatikan juga loh dalam penggunaan minyak kayu putih ini. Bukan berarti bisa dipakai asal-asalan atau sembarangan ya karena salah-salah justru membuat anda kehilangan tas kesayangan anda.

Apa Saja Do and Don’t yang Perlu Diperhatikan?

  1. Minyak kayu putih hanya boleh dipergunakan pada permukaan tas kulit yang sehat ya. Artinya tas anda dalam kondisi bagus. Walau mungkin tas anda sudah lama namun masih bagus tanpa retakan, bisa dibersihkan dengan minyak kayu putih ini. Perhatikan tekstur tas anda sebelum memutuskan menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan.
  2. Jangan menggunakan minyak kayu putih pada tas yang permukaannya mengelupas atau retak. Jika anda mendapati tas anda sudah mengelupas jangan membersihkan noda pada tas dengan minyak kayu putih. Kenapa, karena bisa menyebabkan tas anda akan makin mengelupas. Lebih baik anda gunakan baby oil jika ada noda pada tas yang sudah retak atau mengelupas.
  3. Apabila tas anda basah maka keringkan terlebih dahulu sebelum mengoleskan minyak kayu putih. Gunakan kain halus atau kapas untuk mengelap tas anda hingga air yang menempel pada permukaan tas telah kering. Angin-anginkan dahulu untuk memastikan tas sudah dalam kondisi yang benar-benar kering. Setelah itu silakan dibersihkan dengan minyak kayu putih.
  4. Jangan terlalu sering membersihkan tas kulit dengan minyak kayu putih. Walau cara ini memang disarankan tapi bukan berarti anda bisa setiap saat membersihkan tas kulit anda dengan minyak kayu putih. Dalam jangka waktu yang lama permukaan tas kulit anda akan menjadi tipis, sehingga mudah retak, sobek bahkan bisa mengelupas.
  5. Sediakan pelembab khusus untuk tas kulit ya. Walau mungkin dengan minyak kayu putih sudah didapat tas yang bersih dan kinclong bebas noda tapi tetap kan tas kulit anda perlu perawatan khusus agar kinclongnya awet. Usapkan pelembab setelah semua proses pembersihan selesai ya. Simpan tas kulit kesayangan anda dengan baik.

Sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi dengan cara membersihkan tas kulit dengan minyak kayu putih, karena sudah lengkap nih infonya. Mulai dari cara-caranya dan apa saja yang harus anda perhatikan. Semua ini tak lain untuk merawat tas kulit anda agar awet kan. Baca juga artikel tentang cara menghitamkan jaket kulit yang pudar.

Satu pemikiran pada “Begini Cara Membersihkan Tas Kulit dengan Minyak Kayu Putih”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.